47 Orang Pendaftar Calon Anggota Komisioner KPU Tanjungbalai

logo-kpu2kputanjungbalai— Hingga batas akhir pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai pada Rabu (21/8) sekira pukul 16.00 WIB, telah terdaftar sebanyak 47 calon terdiri dari 37 orang laki-laki dan 10 orang perempuan di Kantor Sekretariat Tim Seleksi (Timsel) Jalan Jenderal Sudirman KM 3 Kota Tanjungbalai.

Ketua Timsel, Drs. H. Mustafa Kamal didampingi oleh anggota timsel, Hendrik Damanik kepada redaksi, Rabu (21/8) di kantornya menjelaskan bahwa tepat pukul 16.00 WIB batas akhir pendaftaran calon anggota KPU Tanjungbalai, melewati pukul tersebut pihak Timsel tidak menerima berkas calon pendaftar.

“Tepat pukul enam belas Waktu Indonesia Barat, Tim Seleksi Calon Anggota KPU Tanjungbalai telah menerima pendaftar calon sebanyak 47 orang. Penerimaan pendaftaran calon dimulai tanggal 17 Agustus hingga 21 Agustus”, jelas Ketua Timsel, Drs. H. Mustafa Kamal.

Dalam pendaftaran calon anggota KPU Tanjungbalai para calon harus memenuhi beberapa syarat-syarat seperti warga negara Indonesia asli, pada saat mendaftar berusia 30 (tigapuluh) tahun, setia kepada pancasila dan UUD 1945, mempunyai integritas, jujur dan pribadi yang kuat, memiliki pengetahuan dan keahlian tentang penyelenggaraan pemilu, berpendidikan terakhir SMA, berdomisili di kota Tanjungbalai.

Kemudian kemampuan secara jasmani dan rohani, tidak pernah menjadi anggota parpol selama 5 tahun terakhir, mengundurkan diri dari jabatan politik, BUMN, BUMD pada saat mendaftar menjadi calon anggota KPU, tidak pernah dipidana penjara menurut Pengadilan Negeri (PN) yang mempunyai kekuatan hukum tetap dan siap bekerja penuh waktu dan tidak ada profesi lainnya.

“Timsel sepakat untuk melakukan penjaringan yang terbaik kepada putra-putri Kota Tanjungbalai untuk menjadi calon anggota komisioner KPU. Secara formal yang Timsel lakukan adalah masalah etika para calon anggota KPU nantinya akan disampaikan kepada publik (masyarakat) untuk mengirimkan kritik dan sarannya untuk menentukan 10 (sepuluh) calon besar”, jelas Mustafa.

Lanjut Mustafa kamal, pendaftar pada akhir waktu harus memenuhi kuota hingga minimal 30 orang pendaftar calon pendaftar, apabila tidak memenuhi kuota tersebut, maka timsel akan melakukan perpanjangan waktu hingga seminggu untuk melakukan penerimaan kembali, tetapi karena hari ini telah melebihi 30 orang, maka tinggal menunggu tahapan selanjutnya.

“Tahapan selanjutnya penelitian administratif ( 22 – 23 Agustus), rapat hasil penelitian administratif dan pengumuman. selanjutnya calon anggota KPU Tanjungbalai akan mengikuti seleksi tertulis, tes kesehatan dan penerimaan hasil, tes psikolog diantaranya tes tertulis, tes wawancara dan diskusi kelompok terarah. Rapat hasil seleksi tertulis dan pengumuman hasil tertulis tes kesehatan, psikolog dan meminta tanggapan masyarakat,” Jelas Mustafa.

Menurutnya, pihak Timsel calon anggota KPU Kota Tanjungbalai hanya menyeleksi hingga 10 (sepuluh) besar calon dan kemudian hasilnya diserahkan kepada pihak KPU Provinsi Sumatera Utara untuk memilih 5 (lima) besar Calon Anggota KPU Kota Tanjungbalai. (adm/yu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s