KPU Tanjungbalai laksanakan Rapat Evaluasi PPID

logo-kpu2kputanjungbalai— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai melaksanakan Rapat Evaluasi Pusat Pelayanan Informasi Data (PPID) KPU Tanjungbalai (14/4). Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Tanjungbalai, Amrizal, SE dihadiri oleh seluruh anggota KPU Tanjungbalai, Sekretaris, Kasubbag dan Jajaran Staf Pegawai Sekretariat KPU Tanjungbalai.

Dalam sambutannya, Amrizal menyampaikan pentingnya pusat pelayanan informasi data ini bagi lembaga komisi pemilihan umum hal ini sesuai dengan arahan yang disampaikan KPU Provinsi Sumatera Utara dalam Rapat kerja KPU se Sumatera Utara beberapa waktu yang lalu, apalagi dijaman keterbukaan, hampir tidak ada data yang menjadi rahasia. untuk itu perlu dikembangkan PPID tersebut agar masyarakat dapat memperoleh data yang diinginkan.

“Penting bagi lembaga kita PPID ini, saya berharap agar masing-masing sub bagian untuk pro aktif menyediakan data-data yang bisa diperoleh masyarakat, misalnya data pemilih, data pasangan calon, data laporan dana kampanye, atau data-data lainnya.” tukas Amrizal.

Dalam rapat tersebut juga, Anggota KPU Tanjungbalai Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Irfan Nasution dalam arahannya menyampaikan bahwa data yang disediakan tidak harus dulu tunggu diminta oleh masyarakat, mana yang bisa diumumkan segeralah diumumkan.

“iya, kita maunya data yang ada ditiap-tiap sub bagian itu diumumkan melalui laman PPID-KPU Tanjungbalai atau website. Jadi jangan dulu diminta baru diberikan, misalnya itu DPT,DPS atau laporan-laporan kegiatan, Pilkada Tanjungbalai dalam skala angka, baik tingkat partisipasi dan lain-lain itu harusnya langsung diumumkan di laman PPID, kemudian website/blog kita itu harus diaktifkan kembali, dibentuk siapa saja pengurusnya, baik redaktur, editor, reporter nya harus ada. Saya mau, setiap kegiatan yang kita lakukan itu harus dibuat dalam bentuk berita, ini sebagai bentuk laporan kita ke masyarakat.” tegas Irfan.

“PPID ini harus standby, diatur jadwal piketnya di kantor, pelayanan dan alur permohonan datanya juga harus dijelaskan kepada masyarakat, sebagai bentuk keterbukaan informasi tentunya kita harus siap sedia.” tambah irfan.

Masyarakat dapat mengunjungi laman PPID KPU Tanjungbalai pada alamat berikut ini :

http://ppid.kpu.go.id/?idkpu=1274

Seperti diketahui, sesuai arahan KPU RI, bahwa setiap daerah harus membentuk dan mengaktifkan Pusat Pelayanan Informasi Data (PPID) KPU di setiap Provinsi, Kabupaten/Kota. KPU mendukung sepenuhnya keterbukaan informasi publik hal ini terbukti dengan Penghargaan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada KPU sebagai lembaga non struktural terbaik kedua dalam Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2015 baru-baru ini. (/yu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s