01f8df39373f0f0e73961db208dae4b1

Bahas Agenda Penting, KPU Gelar Rapim

Medan,(PPID KPU Tanjungbalai),- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) dengan seluruh KPU/KIP Provinsi Se-Indonesia. Rapim yang digelar di Kota Medan, Sumatera Utara, membahas beberapa agenda penting yang menjadi perhatian seperti pelaksanaan tahapan Pemilihan Tahun 2017, Rabu (23/11).

Dikutip dari lama website resmi KPU RI, Ketua KPU RI Juri Ardiantoro mengatakan, sedikitnya ada tiga poin yang menjadi pembahasan pada Rapim yang digelar selama 3 hari (23 – 25 November 2016) itu. Agenda pertama ialah melakukan evaluasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Tahun 2017 di 101 daerah.

“KPU sebagai penanggungjawab akhir Pilkada mempunyai tanggungjawab yang kuat, bukan hanya di 101 daerah, tapi juga secara nasional, baik kepada masyarakat, stakeholders, DPR dan pemerintah,” ungkap Juri.

“Pada akhirnya, kita akan dinilai apakah KPU bisa melaksanakan pilkada serentak dengan baik. Kalau performa baik, maka kepercayaan masyarakat akan semakin kuat,” sambungnya.

Agenda selanjutnya mengenai penguatan kelembagaan KPU sebagai penyelenggara pemilu maupun pemilihan. hal ini penting dilakukan karena KPU merupakan lembaga yang bersifat hirarki. Fungsi koordinasi menjadi bagian penting dalam pelaksanan kebijakan yang telah ditetapkan oleh KPU RI, yang diteruskan kepada KPU/KIP di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Salah satu elemennya ialah bagaimana kita mengelola organisasi kedalam internal KPU/KIP kabupaten/kota, provinsi dan KPU RI. Tetap saja, walaupun sebagian besar sudah makin baik, tapi ada satu dua tiga yang masih menjadi perhatian serius,” papar mantan Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta.

Poin ketiga yang menjadi topik pembahasan menyangkut evaluasi pelaksanaan pengelolaan keuangan, baik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan belanja Daerah (APBD).

Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan Rapim ini. Sebelumnya, yang menjadi peserta Rapim hanya Ketua dan Sekretaris KPU/KIP Provinsi. Namun kali ini, seluruh Komisioner provinsi hadir pelaksanaan kegiatan. Menurut Juri, hal ini untuk membangun soliditas yang kuat diantara penyelenggara pemilu tingkat provinsi.

“Oleh karena itu, hasil dari Rapim ini dapat diberlakukan hal yang sama kepada KPU/KIP kabupaten/kota untuk memperkuat kualitas penyelenggaraan Pilkada sehingga semakin kuat kualitas kerja kita,” tegas Juri

Rapim yang digelar di provinsi yang terkenal akan keindahana Danau Toba diikuti juga oleh seluruh Anggota KPU RI, Anggtoa DKPP Saut Hamunangan Sirait, Sekretaris Jenderal, serta para pejabat di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU. (red. YHT/ FOTO. KPU RI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s